Selasa, 21 Oktober 2008

Profil resiko

Ingin tahu seberapa besar profil resiko anda?

Jawab pertanyaan berikut lalu jumlahkan nilai yang tertera.

1. Berapa usia Anda?

a. 21-35 tahun. (20)
b. 36-49 tahun. (10)
c. 50 tahun lebih. (2)

2. Pernyataan manakah yang paling tepat menggambarkan sikap anda terhadap resiko?
a. Saya berani dan bersedia mengambil resiko yang tinggi dalam investasi untuk meningkatkan kemungkinan memperoleh
  hasil yang lebih besar pula. (10)
b. Saya selalu berhati-hati tetapi saya bersedia mempertimbangkan resiko tertentu untuk meningkatkan kemungkinan
  memperoleh hasil yang lebih tinggi. (5)
c. Saya sangat tidak menyukai resiko dan saya tidak ingin nilai investasi saya menurun walaupun sedikitpun. (1)

3. Pertanyaan manakah yang paling tepat menggambarkan sikap diri Anda sendiri?
a. Saya menganggap diri saya sebagai investor dan saya bersedia mengambil resiko dalam investasi untuk memperoleh hasil
  yang lebih besar pula. (10)
b. Saya menganggap diri saya cenderung sebagai penabung daripada sebagai investor, tetapi saya bersedia mengambil resiko
  tertentu dalam investasi untuk memperoleh hasil yang lebih tinggi. (5)
c. Saya menganggap diri saya sebagai penabung. (1)

4. Bagaimana pandangan Anda mengenai kemungkinan Anda kehilangan dari nilai investasi Anda?
a. Saya tidak keberatan dengan kemungkinan saya menderita kerugian dari investasi ini karena saya telah menyediakan dana
  cadangan untuk kehidupan kebutuhan hidup saya. (10)
b. Saya dapat menerima sedikit naik turun dari hasil investasi saya (termasuk kerugian) karena saya melakukan investasi
  untuk jangka panjang. (5)
c. Saya tidak ingin menderita kerugian sedikitpun dari investasi saya karena saya tidak memiliki dana cadangan untuk
  memenuhi kebutuhan hidup saya. (1)

5. Kapan kira-kira Anda akan mulai memanfaatkan hasil investasi anda?
a. Lebih dari 5 tahun yang akan datang.(10)
b. Antara 3-5 tahun mendatang. (5)
c. Dalam 3 tahun mendatang. (1)

6. Berapa persen dari total asset Anda (misalnya uang tunai) yang akan Anda alokasikan untuk investasi ini?
a. Lebih dari 70%. (10)
b. Antara 35%-70%. (5)
c. Kurang dari 35%. (1)

7. Apakah Anda merasa perlu melakukan investasi ini untuk mendukung pendapatan tahunan rutin Anda?
a. Hampir tidak juga, karena saya sudah memiliki pendapatan rutin yang lebih dari cukup yang berasal dari gaji dan sumber
  pendapatan lainnya (termasuk investasi saya disini) untuk memenuhi kebutuhan hidup saya. (10)
b. Mungkin, tergantung dari kondisi keuangan saya dalam beberapa tahun mendatang. Saya juga mungkin harus mencairkan 
  investasi saya untuk menunjang pendapatan saya. (5)
c. Pasti, saya pasti akan menarik sebagian dari investasi ini tiap tahun untuk mendukung pendapatan rutin saya. (1)

8. Apakah Anda memperkirakan suatu pengeluaran besar dalam kurun 5 tahun mendatang, yang akan menyebabkan Anda harus
  mencairkan seluruh investasi Anda ini (misalnya membeli rumah, membeli mobil, membayar kuliah, dll)?
a. Saya hampir tidak mungkin akan mencairkan investasi saya ini dalam kurun waktu 5 tahun. (10)
b. Walaupun saya mungkin perlu melakukan suatu pengeluaran besar dalam 5 tahun mendatang, mungkin saya tidak akan perlu
  melakukan pencairan investasi untuk membiayainya. (5)
c. Ya, saya akan mencairkan investasi saya ini dalam waktu 5 tahun mendatang untuk membiayai pengeluaran-pengeluaran
  besar yang saya perkirakan. (1)

9. Pernyataan manakah yang paling tepat menggambarkan tujuan Anda berinvestasi?
a. Saya melakukan investasi untuk tujuan jangka panjang (pensiun, biaya kuliah anak, dll). (10)
b. Saya melakukan investasi untuk tujuan jangka menengah (membeli mobil, membeli rumah, dll). (5)
c. Saya melakukan investasi untuk memenuhi kebutuhan hidup saya sehari-hari. (1)

Jumlahkan nilai Anda!

Hasil:
Niali 1-24 (Conservative) :
-Money Market/TD (0-1yr) 90%
-Fixed Income (1-3yr) 10%
-Balanced (3-5yr) 0%
-Equity (>5yr) 0% 

Nilai 25-49 (Tolerant) :
-Money Market/TD (0-1yr) 20%
-Fixed Income (1-3yr) 70%
-Balanced (3-5yr) 10%
-Equity (>5yr) 0%

Niali 50-74 (Growth Oriented) :
-Money Market/TD (0-1yr) 10%
-Fixed Income (1-3yr) 20%
-Balanced (3-5yr) 60%
-Equity (>5yr) 10%

Nilai 75-100 (Risk Taker) :
-Money Market/TD (0-1yr) 5%
-Fixed Income (1-3yr) 0%
-Balanced (3-5yr) 15%
-Equity (>5yr) 80%


Sumber : PNM

Tidak ada komentar: